Rahasia #18 : Sembilan puluh persen kepemimpinan merupakan kemampuan untuk mengkomunikasikan sesuatu yang diinginkan oleh orang lain

Diposting oleh Unknown di 02.06

Cerita Bulls melawan Atlanta

Pada pertandingan play off, Bulls berimbang kedudukannya dengan Atlanta setelah dua pertandingan. Apa yang terjadi setelah Bulls kalah pada pertandingan kedua?

MJ sang komunikator, menunjukkan kekuatannya, MJ menatap wajah setiap orang. Pesannya sederhana dan langsung. MJ berkata tegas, ”Peristiwa ini tidak akan pernah terjadi lagi. Kita harus MENANG!.” Dan semua orang mendengarkan, meresapi apa yang dikatakannya

Ini saya sebut sebagai ”Semangat yang berapi-api”, atau semangat yang tak pernah padam. Inilah bentuk kualitas utama seorang kemunikator yang efektif. Dan memang benar. Bulls memenangi seri pertandingan itu.

MJ seorang pemimpin yang memberi inspirasi. Ini sesuai seperti apa yang dikatakan oleh seorang entrepeneur dunia, Robert Mondavi, ”Pemimpin besar tidaklah berkuasa. Pemimpin besar memberi inspirasi.”

Pertandingan terjadi antara Orlando Magic dengan Bulls di tahun 1996 di babak play-off enam pertandingan. Di pertandingan ke satu, Bulls memenangi pertandingan. Tetapi di pertandingan kedua, ganti Bulls mengalami kekalahan angka di babak pertama. Saat turun minum, terlihat ketakutan dan keraguan di wajah pemain Bulls. Lalu MJ berdiri dan berkata, ”Percayalah kepada saya. Ikuti komando saya, lakukan tugas kalian yang terbaik. Selebihnya, saya yang akan mengurus.” Para pemain merinding mendengarnya. Dan sekali lagi benar, Bulls memenangi pertandingan itu dan menyapu bersih seri pertandingan itu. Inilah sikap seorang pemimpin yang penuh optimisme.

Apa komentar Phil Jackson:
Seorang komunikator harus menjadi pendengar yang penuh perhatian. Dengarlah tanpa menilai, apapun taruhannya dan situasinya. Belajarlah mendengarkan dengan kesadaran yang penuh empati dan terbuka. Perhatikan dengan seksama bahasa tubuh lawan bicara anda, dibalik kata-kata mereka. Hasilnya anda akan lebih memahami kecemasan mereka dan mendapatkan komunikasi yang lebih baik.

Ini juga yang dilakukan oleh MJ. Nampak sekali dalam sikap MJ, bagaimana dia mendukung teman-temannya, bagaimana memotivasi mereka dengan efektif adalah dengan memperhatikan kebutuhan mereka. Peran MJ sebagai pemimpin menuntun mereka melalui berbagai macam tantangan dan berhasil menuntaskannya. MJ pun dapat berkomunikasi dengan rekan setimnya tanpa kata-kata, hanya dengan satu tatapan atau sorotan mata tajam kepada pemain yang terlihat menyerah dan kehilangan semangat.
Tatapan mata itu bisa di ruang ganti atau pun di lapangan pertandingan.

Apa komentar MJ dengan gaya kepemimpinannya:
“Saya bukan orang yang sibuk berteriak dan memberi semangat. Memang saya diberkahi bakat kepemimpinan yang vokal, tetapi memberi semangat tidak harus dengan kata-kata, karena bisa kelihatan kurang dewasa. Justru komunikasi tanpa kata, begitu jelas dan masuk ke dalam hati seseorang.”


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner