Rahasia #2: Kata MJ tentang FOCUS.

Diposting oleh Unknown di 02.13

Pusatkan semua pikiran pada tugas yang tengah engkau emban. Sinar matahari tidak akan dapat membakar sesuatu kalau tidak difokuskan melalui kaca pembesar. (Alexander Graham Bell)

Awal karir MJ di bola basket telah menjadi anekdot berharga bagi murid SMA di semua penjuru dunia. Mengapa tidak? Itu rintangan pertama yang harus dihadapi MJ. Sewaktu ia tersisih dari tim basket utama di sekolahnya ketika masih kelas 1 SMA. MJ Melawatinya dengan berfokus untuk masuk tim tahun depan. MJ mengatasinya dengan memvisualisasikan dan menolak untuk gagal mencapai tujuannya.

Tentang fokus yang dimiliki oleh MJ, salah seorang rekan teamnya, BJ Armstrong memberi komentar, ”Satu hal penting yang menjadikan MJ seperti sekarang ini, adalah kemampuannya berfokus. Kemampuannya untuk berkonsentrasi penuh. Kemampuannya untuk menyingkirkan segala hal, selain yang dia lakukan saat itu.”

Bagaimana cara MJ agar bisa mencetak angka diatas 30 setiap pertandingan? MJ memilih berfokus dalam 8 angka per quarter (perempat putaran). Hanya ini yang ingin dicapai MJ. Selama tujuh musim berturut-turut, rata-rata angka yang dicetak MJ sangat konsisten. MJ mencetak mendekati atau lebih dari 32 angka di setiap pertandingan. Namun MJ tak pernah memikirkan 32 angka sebagai 32. MJ memikirkan 32 angka sebagai delapan angka per quarter. Dan delapan angka per quarter adalah angka yang mudah dicapai, hanya 4 bola dalam 12 menit, yang mudah dicapainya setiap malam.

Kisah Kekuatan Fokus MJ
Saat itu pertandingan berlangsung antara Bulls melawan Cavaliers, 17 Mei 1993 di Ohio. Kedudukan saat ini seri. Waktu tinggal 18 detik. Berikut penuturan Jordan, ”Para penggemar berteriak mengejekku. Mereka semua membenciku. Pikir mereke, ”Dia tak boleh mengalahkan kita lagi.”. Ada seorang penggemar di bawah ring yang benar-benar kasar, tetapi itu justru membantuku berkonsentrasi, karena kau tahu ’khan Tuhan tidak suka orang yang berlaku kasar.’

MJ menyusup masuk melewati foul line (garis tembakan bebas), dan melakukan jump shot (tembakan melompat). Tim Bulls menang 103-101. Sekali lagi, gedung itu mendadak sunyi. Ini bukan kali pertama MJ menghadapi keriuhan penonton lawan dengan ketenangan luar biasa. Dan itu tak akan menjadi yang terakhir.

MJ tak akan bisa mentoleransi kehilangan konsentrasi, karena MJ akan mengetahui akibat, bahkan bahaya dari terpecahnya fokus.

Selama masa karir MJ, presentase keberhasilan menembakkan bola dari foul line mencapai 84 persen. Sebelum setiap tembakan dia selalu memutar bola di tangannya. Lalu, mendribel bola sampai dia merasa nyaman, sebanyak 3 sampai 4 kali. Lalu dia memutar bola lagi, baru kemudian melepaskan tembakan. ”Saat saya menembak itu, saya tak melihat siapapun”, akunya.

Jadi bagaimana caranya agar kita bisa memperoleh fokus yang tinggi? Sebenarnya, fokus dimulai dari kesadaran. Kesadaran atas tempat di mana kita berada. Kesadaran atas apa yang bisa kita kendalikan saat ini. Semua bisa dimulai sejak hari ini.

Jika ditarik benang merah dalam karir MJ yang fenomenal, MJ melakukan apa saja yang dia inginkan kapan pun dia inginkan, tanpa peduli persepsi publik. Dia hidup dalam dirinya sendiri, melaju menghadapi tantangan yang dipilihnya sendiri, dan terus berusaha hidup maksimal mungkin untuk hari ini.

Kunci fokus MJ seperti yang diceritakan sahabatnya, BJ. Amstrong, ”MJ mengajari saya untuk hidup saat ini. Dia tak pernah membicarakan masa depan yang jauh. Jika saat ini tengah berlangsung quarter kedua di Miami, MJ akan berkonsentrasi pada saat itu. Dia selalu berpikir dan bertindak untuk saat ini. Pertandingan minggu depan akan berlangsung dengan sendirinya.

Winston Churchill yakin bahwa kunci sukses adalah tegar menghadapi kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan semangat. Dan ini adalah langkah pertama untuk menajamkan fokus kita, untuk membuat hari ini sangat berarti. Itulah sebabnya kaca depan mobil kita sepuluh kali lebih besar dari pada kaca spion.

Katakan dalam hati anda, bahwa hari ini adalah hari terbaik tahun ini, Selesaikan hari ini, lalu lupakan. Anda telah berusaha sekuat tenaga. Pasti banyak kesulitan mengintai. Lupakan semua itu secepat mungkin, besok adalah hari yang baru.

Kata MJ, ”Entah apa yang akan saya lakukan besok, saya memikirkan untuk hari ini. Orang tidak percaya apabila saya mengaku tidak tahu apa yang akan terjadi minggu depan, bulan depan atau tahun depan, tetapi saya benar-benar hidup untuk saat ini.

MJ berbicara demikian tentu dalam konteks di NBA. Seperti kita tahu jadwal pertandingan di NBA sangat padat. Sehingga jika seorang pemain lengah sedikit saja, dia akan berpotensi kehilangan fokus dalam pertandingan yang dihadapinya. Dan berakibat bisa membawa kekecewaan dan kekalahan timnya.

Tentu saja, lebih mudah apabila kita membuat daftar goal dan tujuan dan menyesuaikannya agar dapat memaksimalkan masa kini dan menjamin masa depan. Itu sebabnya Walt Disney memiliki rencana induk 50 tahun.

Saran MJ tentang Topik ini:
”Kakek saya selalu berkata, ”Berpikirlah sebelum bertindak dan kendalikan dirimu. Saya selalu mengingat perkataan beliau. Apabila kita tahu kita telah melakukan yang terbaik, kita akan merasa santai dan merasakan kebanggaan. Selain itu kita tak bisa melakukan selebihnya. Semua itu diluar kendali kita, jadi jangan dicemaskan. Kecemasan akan hasil hanya akan mengaburkan fokus, akhirnya juga impian anda.”

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner