Rahasia #19 : Orang tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan teknologi, mereka akan berhasil jika mereka juga mengandalkan sosialisasi

Diposting oleh Unknown di 02.04

MJ jadi seperti hari ini, tidak lepas dari kepiwaian sang pelatihnya, Phil Jackson dalam mengkomando tim Chicago Bulls. Rupanya ajaran Phil Jackson meresap dalam diri MJ.


Cerita Phil Jackson
Prinsip Phil adalah ingin membantu setiap orang untuk menjadi manusia yang lebih baik. Jadi bukan hanya sekedar menang dalam pertandingan. Di Chicago Bulls, Jackson adalah guru, pelatih, teman, sekaligus konselor. Dia selalu terlihat dan siap sedia. Dia memperhatikan kesejahteraan setiap pemainnya. Dia tidak melebih-lebihkan kesalahan. Jika pemain berbuat kesalahan, dan semua orang tahu pemain tersebut berbuat kesalahan, itu bukanlah kritik pribadi. Jackson menyeimbangkan antara kritik dan pujian.

Jackson menyebutnya Kepemimpinan yang simpatik.
Dengan kata lain, memperlakukan orang lain dengan rasa hormat, dan perhatian sama seperti memperlakukan diri sendiri. Hal inilah dasar dari sikap MJ. Sikap dan karakter ini memancar dalam diri MJ.

Cerita kemenangan ke-3 berturut-turut
Pada putaran final 1993, Bulls memimpin seri pertandingan itu dengan posisi 3-1 ketika melawan Phoenix. Bulls kalah di pertandingan ke lima di Chicago. Bulls tercengang. Kota Chicago tadinya sudah bersiap-siap untuk merayakan kemenangan. Namun ternyata tim harus kembali ke Phoenix untuk pertandingan ke enam.

Keesokan harinya di bandara, semua anggota tim merasa tegang.
Mereka sedang menunggu kemunculan MJ. MJ terlihat di lorong check in bandara. MJ sedang berdansa di depan temannya satu tim dengan mengacungkan tiga jari dan bernyanyi dengan antusiasnya. Betapa percaya dirinya MJ, sikap itu sangat berarti bagi teman-temannya satu tim.

Lalu dia masuk ke pesawat dengan bergaya selebritis dan sebuah cerutu besar di mulutnya. ”Apa itu?” Tanya pemilik Bulls, Jerry Reinsdorf
”Cerutu kemenangan saya”, jawab MJ.di dalam pesawat, MJ berbicara empat mata dengan setiap pemain. MJ mulai bermain kartu yang mengikutsertakan semua pemain.
Saat pesawat mendarat, semua pemain terlihat lebih relaks dan santai. Cerita lengkapnya, Bulls bersuka-cita memenangi pertandingan keenam untuk merebut gelar ketiga mereka, berturut-turut.

Walaupun MJ nampaknya seorang pribadi yang antusias, mementingkan kemenangan dan unjuk kerja. Namun MJ juga pandai bersosialisasi dengan para pemain dan orang lain.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner